Senin, 02 Agustus 2021

[PRESS RELEASE] Pelatihan Hysys HMTK FT UNS 2021

 

Pelatihan Hysys dilaksanakan selama empat hari yaitu pada hari Sabtu, 10 Juli 2021; Sabtu, 17 Juni 2021; Sabtu, 24 Juli 2021; dan Sabtu, 31 Juli 2021. Acara ini dilaksanakan melalui platform Zoom dari pukul 09.30 WIB sampai pukul 11.45 WIB. Pelatihan Hysys ini dihadiri oleh 128 peserta pada hari pertama, 112 peserta pada hari kedua, 81 peserta pada hari ketiga, dan 76 peserta pada hari keempat yang yang terdiri Mahasiswa S-1 Teknik Kimia UNS. Moderator dari Pelatihan Hysys ini adalah Muhammad Abdul Jamil pada hari pertama sampai ketiga dan Priyanka Khansa Insyira pada hari keempat.

Rangkaian acara pada Pelatihan Hysys ini diawali dengan pengisian absensi oleh peserta, salam pembuka serta doa pembuka. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan biodata pemateri oleh moderator. Lalu, acara masuk pada sesi utama yaitu pelatihan dan pemberian materi Hysys. Setelah materi dipaparkan, acara masuk pada sesi tanya jawab materi dan diakhiri dengan dokumentasi serta penutup. Materi pada pelatihan Hysys ini dipaparkan oleh Tika Paramitha, S.T., M.T. yang merupakan salah satu Dosen Teknik Kimia UNS.

Pada hari pertama, materi yang dipaparkan merupakan pengenalan awal dari software keteknikkimiaan Hysys, pendahuluan, pompa, kompresor, valve, ekspander, dan heat exchanger. Pada hari kedua, materi yang dipaparkan adalah set, adjust, recycle, dan refrigerasi. Pada hari ketiga, materi yang dipaparkan adalah reaktor (konversi, kesetimbangan, reaksi, dan kinetika) dan separator (flash vaporation, absorber, distilasi). Pada hari terakhir, materi yang dipaparkan merupakan optimasi dan simulasi rangkaian proses perancangan pabrik.

Dengan adanya Pelatihan Software Hysys ini, diharapkan dapat berguna bagi para mahasiswa aktif Teknik Kimia UNS agar dapat menerapkan ilmu tersebut dalam pembelajaran di mata kuliah serta pada industri kedepannya.


0 comments:

Posting Komentar