Minggu, 19 September 2021

Industri Kimia di Indonesia

Industri kimia merujuk pada suatu industri yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri ini mencakup petrokimiaagrokimiafarmasipolimercat, dan oleokimia


  1. Petrokimia

Industri petrokimia secara umum dapat didefinisikan sebagai industri yang berbahan baku utama produk minyak bumi dan gas (naphta, kondensat, gas alam), batubara, serta biomassa; yang mengandung senyawa-senyawa olefin, aromatik, gas sintesa, dan organik lainnya, yang dapat diturunkan dari bahan-bahan tersebut, untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah lebih tinggi daripada

bahan bakunya.

Industri petrokimia dasar termasuk dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 20117: Industri Kimia Dasar Organik yang Bersumber dari Minyak Bumi, Gas Alam, dan Batubara. Kelompok ini mencakup usaha industri kimia dasar organik yang menghasilkan bahan kimia, yang bahan bakunya berasal dari minyak bumi dan gas bumi maupun batu bara, seperti ethylene, propilene, benzena, toluena, caprolactam termasuk pengolahan coal tar.

Perusahaan petrokimia di Indonesia antara lain:

  1. Lotte Chemical Titan

  2. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

  3. Siam Cement Group


  1. Agrokimia

Agrokimia atau agrochemical, adalah nama umum yang diberikan untuk bahan kimia yang digunakan di pertanian, yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan keamanan tanaman dan hasil panen. Industri agrokimia sendiri merupakan industri yang bergerak di bidang pertanian meliputi pupuk dan pestisida. Agrokimia diproduksi untuk melindungi tanaman pertanian dari hama dan untuk meningkatkan hasil panen. 

Beberapa contoh perusahaan agrokimia  di Indonesia adalah:

  1. Agro Kimia Group

  2. PT Behn Meyer Chemicals

  3. PT BASF Care Chemicals Indonesia


  1. Farmasi

Farmasi industri adalah teknologi obat-obatan dalam bidang industri. Ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan obat-obatan atau obat-obatan farmasi untuk digunakan sebagai obat yang akan diberikan (atau dikelola sendiri) kepada pasien dari dokter, dengan tujuan untuk menyembuhkan mereka, memvaksinasi mereka, atau mengurangi gejala. Perusahaan farmasi dapat menangani obat generik atau merek dan alat kesehatan. Mereka tunduk pada berbagai hukum dan peraturan yang mengatur paten, pengujian, keamanan, kemanjuran dan pemasaran obat-obatan

Perusahaan-perusahaan farmasi yang ada di Indonesia antara lain:

  1. Kalbe farma 

  2. Sanbe Farma 

  3. Dexa Medica

  4. Pharos Indonesia 

  5. Tempo Scan Pasific

  6. Kimia Farma 

  7. Fahrenheit 

  8. Sanofi-Aventis

  9. Soho 

  10. Novell Pharm 


  1. Polimer

Polimer didefinisikan sebagai substansi yang terdiri dari molekul-molekul yang menyertakan rangkaian satu atau lebih dari satu unit monomer. Ada tiga klasifikasi utama dari industri polimer: plastik, serat, karet atau elastomer. Beberapa produk yang diproduki oleh industri polimer antara lain botol plastik, teflon, pipa, isolasi kawat, dan lain sebagainya.

Di Indonesia beberapa perusahaan yang memproduksi polimer diantaranya:

  1. PT Dynaplast

  2. PT Alfa Polimer Indonesia

  3. PT Indonesia Polymer Compound

  4. PT Kensaki Polimer Indonesia

  5. PT Polymer Resources Indonesia


  1. Cat

Industri cat adalah salah satu industri tertua di dunia.  Cat adalah istilah umum untuk produk yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu objek dengan tujuan untuk melindungi dan memberikan warna pada suatu permukaan suatu objek tersebut.

Di Indonesia dikenal banyak jenis cat yang diproduksi dari beberapa perusahaan. Beberapa perusahaan cat di Indonesia yaitu:

  1. PT Avi avian

  2. PT Mikatasa Agung

  3. PT ICI Paint

  4. Pacifix Paint

  5. PT Mowilex Indonesia

  6. Nippon Paint


  1. Oleokimia

Oleokimia adalah produk kimia yang berbasis alam, minyak yang dapat terurai dan lemak nabati atau sumber hewani. Keserbagunaan membuat produk tersebut ideal untuk produk berkinerja tinggi dibanyak aplikasi seperti alat pembersih, deterjen, pelumas mesin jet, rekayasa plastik, kosmetik dan produk farmasi, dan lainnya. Industri oleokimia meliputi fatty acids, fatty alcohols, Asam lemak nabati (fatty amine), methyl estersulfonat (biosurfaktan), biolubricant (rolling oils), glycerine based chemical, Isopropyl Palmitate (IPP), Isopropyl Myristate (IPM), Asam stearat (Stearic acid), Methyl esters, Bioplastic (Polybetahydroxybutirate/PHB, Polyhydroxyvalerate/ PHV, polylactate) berbasis limbah industri sawit; dan polymer turunan minyak sawit.

Beberapa perusahaan oleokimia di Indonesia yaitu:  

  1. PT Oleokimia Sejahtera Mas

  2. Cisadane Raya Chemicals. PT

  3. PT Ecogreen Oleochemicals

  4. Unilever Oleochemical Indonesia

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kimia

https://kemenperin.go.id/download/7545/Profil-Industri-Petrokimia-Hulu#:~:text=Industri%20petrokimia%20secara%20umum%20dapat,dari%20bahan%2Dbahan%20tersebut%2C%20untuk 

https://www.lenterabisnis.com/ruang-lingkup-industri-petrokimia

https://kinetika.hmtk.undip.ac.id/3-pabrik-petrokimia-terbesar-di-indonesia/

http://infostudikimia.blogspot.com/2017/09/agrokimia-pestisida.html

https://sainskimia.com/agrokimia-jenis-dan-efeknya/

https://id.wikipedia.org/wiki/Farmasi_industri

https://farmasiindustri.com/industri/top-10-perusahaan-farmasi-indonesia.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Polimer

https://mariasupriyanto.wordpress.com/2016/09/16/polimer-polimer-industri-2/

https://www.academia.edu/5648784/Makalah_Industri_cat

https://solusikonstruksi.com/6-daftar-pabrik-cat-terbesar-di-indonesia/ 

https://www.bakriesumatera.com/index.php/id/bisnis-kami/industri-hilir/271-oleokimia-ojk 

https://kemenperin.go.id/download/7546/Profil-Industri-Oleokimia-Dasar-dan-Biodiesel



0 comments:

Posting Komentar