Jumat, 21 Agustus 2020

[PRESS RELEASE] RADIASI II : TECH BREAKTHROUGH

Pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020 telah berlangsung RADIASI (Rangkaian Studi Anggota Mahasiswa Ilmiah) II yang mengangkat tema TECH BREAKTHROUGH  The Novelty of Technology to Build a Great Country.  Acara ini berlangsung melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live Youtube. RADIASI II Tech Breakthrough ini berlangsung pada pukul 09.30 - 12.00 WIB. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa Teknik Kimia UNS, mahasiswa prodi maupun universitas lain, dan kalangan umum.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus. Radiasi II Tech Breakhrough diawali dengan pembukaan oleh Sofia Oka Rodiana selaku moderator. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua pembicara, yakni:

1.       Dr. Ir. Syarif Hidayat, M.T. menciptakan Ventilator Indonesia

2.       Alfiyatul Fithri, S.Si. menciptakan Plester Luka dari TKKS dan Ikan Sidat

Setelah pembacaan CV oleh moderator, acara berlanjut penyampaian materi oleh pembicara pertama yaitu Dr. Ir. Syarif Hidayat, M.T. yang menjelaskan mengenai ekosistem invensi teknologi, ekosistem inovasi teknologi, dan peran media komunikasi. Selesai penyampaian materi, dibuka sesi tanya jawab untuk Dr. Ir. Syarif Hidayat, M.T. yang dipandu oleh moderator.

 

Selesai sesi tanya jawab pembicara pertama, acara berlanjut penyampaian materi oleh pembicara kedua yaitu Alfiyatul Fithri, S.Si. yang menjelaskan bagaimana pengalaman menciptakan plester luka dari Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Ikan Sidat dan juga menjelaskan pengalaman pengajuan proposal PKM dan berhasil mendapatkan pendanaan oleh pemerintah. Selesai penyampaian materi, dibuka sesi tanya jawab untuk Alfiyatul Fithri, S.Si yang dipandu oleh moderator.

Setelah sesi tanya jawab 2 berakhir, acara dilanjutkan dengan pemberian kesimpulan oleh Dr.  Sunu Herwi Pranolo, S.T.,M.Sc. selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret.  Selesai penyampaian kesimpulan, acara RADIASI II Tech Breakthrough diakhiri dengan pengumuman penanya terbaik dan foto bersama.

Dengan diadakannya RADIASI II Tech Breakthrough ini, mahasiswa sebaiknya melakukan invensi berbasis pada kebutuhan masyarakat, mahasiswa harus peka dalam melihat situasi masyarakat sehingga dapat timbul ide dan mimpi yang tepat sasaran. Setelah mimpi, hendaknya segera bangun untuk mewujudkan segala mimpi menjadi kenyataan dan kebermanfaatan bagi masyarakat. Saat dalam langkah mewujudkan mimpi, pastilah ada kendala, dengan kendala itu anggaplah saja itu sebagai tantangan. Dalam mewujudkan mimpi tadi pastilah butuh kesabaran tak bertepi dan ketekunan tak terbatas. Selanjutnya, sikap rendah hati menjadi keniscayaan karena dengan ini kita bisa sadar bahwa bukan kita yang paling hebat, banyak orang hebat yang dapat diajak bekerja sama.

0 comments:

Posting Komentar