Rabu, 09 September 2020

BUTENA edisi 8 : Situs Belajar Online Gratis

Apa kamu tipe mahasiswa ambis yang haus ilmu tentang materi yang relevan dengan jurusan kamu? Atau mungkin kamu ingin mempelajari skill yang nggak dipelajarin di perkuliahanmu? Aduh, kuliah aja udah mahal, apalagi biaya buat menuntut ilmu yang lain? Eits, ada banyak sekali lho situs belajar online gratis yang dapat mengasah skill dan pengetahuanmu.

www.coursera.org

www.coursera.org


halaman utama Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online di seluruh dunia yang didirikan pada tahun 2012 oleh profesor ilmu komputer Universitas Stanford, Andrew Ng dan Daphne Koller yang menawarkan kursus online terbuka besar-besaran atau massive open online courses (MOOC).

Coursera bekerja sama dengan berbagai universitas dan organisasi ternama di seluruh negeri. Website ini menyediakan banyak sekali materi kuliah berkualitas dari berbagai jurusan dengan pengajar yang kompeten di bidangnya. Buat kamu yang males buka situsnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Coursera di gadgetmu supaya lebih praktis.

Di Coursera kamu bisa mendapatkan kuliah dengan video pengajaran, file presentasi (ppt), buku referensi (pdf), dan juga kelas interaktif yang terkadang menghadirkan praktisi dan ilmuwan lain. Beberapa kuliah bahkan tidak pernah kita temukan pada perkuliahan konvensional pada kurikulum jurusan tertentu, karena ilmunya masih sangat baru! Mantab banget kan?

https://alison.com

Alison adalah platform pendidikan online gratis yang sebagian besar berfokus pada keterampilan berbasis tempat kerja. Perusahaan ini didirikan di Galway, Irlandia oleh wirausaha sosial Irlandia Mike Feerick pada 21 April 2007. Alison juga adalah salah satu pelopor situs belajar online di dunia lho!

Di sini tersedia materi uliah dari berbagai bidang seperti: Kesehatan, Sains, IT, Humanisme, Lifestyle, Bisnis, dan lainnya. Alison juga menyediakan sertifikat buat kamu yang berhasil menguasai suatu topik dari website ini.

Kuliah Alison terbagi menjadi dua kategori, yaitu Diploma Courses memungkinkan kamu menguasai beberapa topik dalam suatu bidang studi. Dan Certificate Course berisi kuliah tentang suatu topik yang lebih spesifik dibanding Diploma Course.

www.khanacademy.org

berbagai bahan ajar tersedia gratis di Khan Academy

Khan academy adalah organisasi pendidikan non-profit yang didirikan pada tahun 2008 oleh Salman Khan, lulusan MIT dan Harvard Business School. Dimulai dari mengajar matematika kepada keponakannya melalui internet dengan menggunakan layanan bernama Yahoo! Doodle Images, Khan lalu memutuskan membuat videonya bisa dilihat di internet, karenanya dia mempublikasikanya di platform Youtube. Kemudian, ia menggunakan aplikasi SmoothDraw dan merekamnya ajarannya di komputer. Respon positif bermunculan membuat khan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya pada tahun 2009 untuk fokus mengembangkan khan academy.

Dengan misi menyediakan pendidikan kelas dunia yang gratis kepada siapa pun dan dimana pun, khan academy menyediakan ribuan video pembelajaran. Mulai dari sains, seni, sejarah, programming, keuangan dan masih banyak lagi! kesulitan ilmunya tersebar mulai dari tingkat sebelum SD hingga tingkat mahasiswa.

Dengan UI (User Interface) yang ramah, penjelasan materi yang gamblang. kamu akan dituntun untuk belajar secara bertahap di web ini.

https://ocw.mit.edu

Kamu pengen ngerasain rasanya kuliah di Massachusetts Institute Of Technology yang sangat prestigius itu? Bisa kok!

MIT OpenCourseWare OCW MIT adalah web yang mempublikasikan konten kuliah MIT secara virtual. Berbagai pembelajaran tersedia dari berbagai departemen di MIT. Materi belajar tersedia untuk mahasiswa undergraduate dan graduate level. Web ini bisa di akses secara gratis oleh siapa pun dan di mana pun kamu berada.

Video yang tersedia dapat diunduh atau disaksikan dengan streaming secara online. Selain web, kamu bisa mengunjungi OCW MIT di Youtube, iTunes U dan Internet Archive

www.creativelive.com

Buat kamu yang ingin belajar blogging, design, fotografi, videografi, audio, dan bidang industri kreatif lainnya, kamu bisa berkunjung ke CreativeLive. CreativeLive adalah platform edukasi online yang menyediakan kelas live untuk audiens internasional. Web ini menyediakan 1.500+ kelas yang diajar oleh 700+ instruktur yang akan meningkatkan pengetahuan dan skill kreatif kamu

https://id.duolingo.com/

Mau belajar online gratis, kok bahasa inggris semua? Tenang, kamu bisa belajar bahasa inggris di Duolingo. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Duolingo di Android maupun iOS.

Proyek Duolingo dimulai pada akhir 2009 di Pittsburgh oleh proffesor Luis von Ahn dari Carnegie Mellon University (kreator reCAPTCHA) dan mahasiswanya, Severin Hacker.

Selain bahasa inggris, duolingo menawarkan puluhan jenis bahasa asing yang bisa kamu pelajari sesuai keinginanmu. Pada tanggal 30 Juni 2020, web ini telah menawarkan 95 kursus bahasa dalam 38 bahasa, termasuk bahasa indonesia. kamu tidak dipungut biaya sepeser pun untuk mengakses semua bahasa yang ingin dipelajari, namun kamu harus benar-benar belajar agar dapat membuka semua materi yang tersedia.

 



0 comments:

Posting Komentar