Rabu, 08 Juli 2020

[PRESS RELEASE] Pelatihan Software Aspen Hysys 2020

Bagi Kalian yang sedang menjalani perkuliahan atau yang dulunya pernah berkuliah di teknik kimia pasti tidak asing dengan nama software ini atau mungkin tidak sedikit dari kalian yang merasa pusing dengan software ini.

Aspen hysys adalah salah satu software engineering yang digunakan sebagai model simulator untuk satu atau beberapa rangkaian proses yang berkaitan dengan bidang ilmu teknik, khususnya teknik kimia. Beberapa contoh proses disini antara lain proses reaksi yang melibatkan reaktor, proses pemisahan (separator), dan proses pemurnian (destilasi, absorbsi).

Aspen Hysys banyak digunakan oleh profesional yang berkarir di Chemical Process Industry (CPI) dan mahasiswa teknik kimia. Beberapa fungsi yang Aspen hysys diantaranya :

 Pra-rancang pabrik

 Studi Optimasi Proses 

Pra- Rancangan Pabrik sendiri adalah salah satu Tugas Akhir yang diberikan sebagai syarat kelulusan bagi para Chemichal Engineer di Universitas Sebelas Maret. Karena pentingnya kegunaan Software kami dari HMTK FT UNS memfasilitasi Anggotanya yaitu para mahasiswa Teknik Kimia terutama yang sudah berada di semester akhir untuk mengenalkan dan mengajarkan kegunaan Software Aspen Hysys sebelum mahasiswa mempraktikannya untuk mengerjakan tugas akhir mereka.

Selain itu software Aspen Hysys juga sangat berguna bagi para Chemichal Engineer saat sudah memasuki lapangan pekerjaan. Software ini dapat digunakan untuk Optimasi Proses pada Pabrik yang merupakan salah satu lapangan Pekerjaan yang umum bagi lulusan Teknik Kimia.

Pelatihan Tahun ini agak sedikit berbeda dari pada tahun – tahun sebelumnya, karena diadakan secara Online via Google Meet mengingat masih adanya Pandemi Virus Corona yang tersebar di Indonesia. Pelatihan kali ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan yang diisi oleh salah satu dosen Teknik Kimia UNS, beliau bernama Dr. Joko Waluyo, S.T., M.T. untuk pelaksanaanya sendiri dilakukan pada tanggal 20 Juni untuk pertemuan pertamanya dan dilanjutkan pada tanggal 24 Juni, 30 Juni, dan 4 Juli 2020.

Menginggat seberapa pentingnya pelatihan ini kami dari HMTK FT UNS berharap agar pelatihan kali ini dapat bermanfaat bagi para anggotanya untuk menunjang perkuliahan di Teknik Kimia UNS dan di lapangan Pekerjaan mendatang.



0 comments:

Posting Komentar