Sabtu, 29 Desember 2018

ECODAYS 2018


ECODAYS 2018


Ecodays merupakan acara dan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret Surakarta. Acara ini adalah wadah bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu, berlatih dan menguji kemampuan serta kreativitas terhadap suatu inovasi. Kompetisi yang dilombakan menitikberatkan pada inovasi terbarukan untuk menghasilkan gagasan ataupun produk yang dapat diterapkan di masyarakat luas.
Pada tanggal 19-21 Oktober 2018 telah diselenggarakan acara Ecodays 2018 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNS yang didukung oleh Keluarga D3 Teknik Kimia UNS dan institusi lain. Pada tahun 2018 Ecodays mengusung tema Eco-Ideas for Sustainable Development Goals. Adapun kompetisi yang diadakan yaitu DECHETS dengan tema Eco-ideas to Create Innovative Sustainable Industries yang merupakan kompetisi merancang produk yang inovatif serta ramah lingkungan guna mendukung rencana pembangunan berkelanjutan yang ditujukan kepada mahasiswa teknik kimia se-Indonesia dan ESSAY dengan tema Eco-ideas to Solve Enviromental Issues in Indonesia yaitu lomba menulis karya, inovasi, serta kreativitas guna mencapai solusi dari problematika permasalahan lingkungan yang ditujukan kepada masyarakat umum di Indonesia.
DECHETS terdiri dari tiga tahap yaitu Pengumpulan Abstrak, Pengumpulan Full Paper, dan Grand Final berupa presentasi dan pameran produk. Kompetisi ini meiliki sub tema yaitu Energy, Waste Treatment, Biotechnology, Food Industries, and polymer. Sedangkan ESSAY terdiri dari dari pengmpulan makalah dan  grand final yang berupa presentasi makalah, kompetisi ini memiliki sub tema teknologi pengolahan limbah organik atau non organik untuk mengatasi masalah polusi lingkungan, pemanfaatan dan peningkatan kualitas limbah organik, pemanfaatan substansi untuk menjaga kelestarian alam, energi bersih dan terbarukan dengan harga tejangkau, dan pemanfaatan lahan dalam kelestarian ekosistem. Pelaksanaan kompetisi tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 - 20 Oktober 2018 dimulai dengan acara technical meeting pada tanggal 19 Oktober 2018 di Red Planet Hotel untuk menjelaskan segala sesuatu mengenai kompetisi tersebut dan pada tanggal 20 Oktober 2018 dilaksanakan presentasi dari peserta Dechets dan Essay di UPT Perpustakaan UNS. Kebermanfaatan kompetisi ini sangat terasa, sangat banyak ide dan inovasi yang mereka berikan untuk kemajuan bangsa ini. Contohnya adalah pemanfaatan lahan laut yang mampu mendukung kehidupan masyarakat yang lebih baik dan kemajuan ekonomi Indonesia dan masih banyak lagi ide serta inovasi anak bangsa yang hanya menungggu waktu untuk terealisasi. Disinilah para kaum muda menuangkan ekspresi dari pemikiran-pemikiran mereka untuk Indonesia.  



Setelah para peserta melakukan kompetisi dengan sportif dan semangat, malam harinya diadakan pentas seni dan Gala Dinner untuk melepas kepenatan karna telah berjuang sekuat tenaga mereka untuk menampilkan yang terbaik untuk meraih kemenangan. Acara ini juga merupakan acara puncak dari Ecodays 2018 yang berlokasikan di Handrawina Restaurant. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan dari berbagai agkatan mahasiswa Teknik Kimia UNS dan ditutup dengan flashmob dan diikuti oleh seluruh peserta dan tamu undangan.


Hal yang berbeda dalam Ecodays tahun ini adalah diadakannya Seminar Nasional Teknik Kimia Eco-SMART yang bertemakan Inovasi Energi Baru dan Terbarukan Sebagai Pendukung Perkembangan Ekonomi Nasional yang ditujukan kepada para pemakalah baik itu dari mahasiswa maupun akademisi lainnya untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dengan konsentrasi ilmu bidang Teknik Kimia yang nantinya akan diterbitkan dalam jurnal nasional yang tercantum dalam ISBN.
SNTK-EcoSMART telah diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2018 yang berlokasi di Ruang Sidang Utama Lt. 2 Gedung 3 FT UNS. Rangkaian acara Seminar Nasional Teknik Kimia Eco- SMART terdiri dari dua sesi, yaitu plenary session dan parallel session, plenary session dengan pemaparan materi oleh tiga keynote speakers. Setelah pemberian materi oleh keynote speaker diadakan pengumuman pemenang kompetisi Ecodays 2018 sebagai berikut : Pemenang DECHETS juara 1 Brilian Ryan Sadewo (UGM), juara 2 Galih Rineksa (UI), juara 3 Rahseto Ajie Basuki (ITENNAS). Pemenang kompetisi EPIC juara 1 Ogi Prayoga (UNY), juara 2 Merci Fourte Yusuf (Universitas Pertamina) dan juara 3 Muhammad Naufal Yasin (Universitas Negeri Semarang). Acara selanjutnya sebagai penutup dari rangkaian acara SNTK-EcoSMART merupakan sesi parallel session dengan pemaparan hasil penelitian oleh para pemakalah yang dibagi dalam empat ruangan dengan konsentrasi bidang masing-masing.
Suasana Seminar Nasional Teknik Kimia Eco-Smart




0 comments:

Posting Komentar