Sabtu, 23 Mei 2020

[PRESS RELEASE] #SinergiLawanPandemi

          Sudah lebih dari 2 bulan Indonesia menetapkan status darurat virus SARS-CoV 2 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona, yang merupakan penyebab penyakit Covid-19. Kota Surakarta sendiri sudah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhitung sejak tanggal 13 Maret 2020. Langkah ini diambil setelah 2 warga Solo yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr. Moewardi dinyatakan positif mengidap Covid-19.

Ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Pusat di beberapa kota besar menyebabkan masyarakat terpaksa melakukan arahan dari pemerintah yaitu bekerja dari rumah, belajar dari rumah, serta ibadah di rumah untuk mengurangi interaksi antar manusia yang bisa berpotensi menjadi penyebab menularnya virus. Arahan dari pemerintah ini tidak hanya dijalankan oleh masyarakat di kota yang menerapkan PSBB saja, tetapi juga semua kota yang sudah terpapar virus corona.

Arahan dari pemerintah ini tentu saja tidak dapat diindahkan oleh seluruh masyarakat. Masih banyak masyarakat Indonesia yang merupakan pekerja harian, yang mana penghasilannya sangat bergantung dari pekerjaannya sehari-hari. Jika mereka tidak keluar rumah untuk bekerja, maka sesuap nasi pun hanya akan menjadi angan-angan belaka.

Hal ini yang membuat HMTK FT UNS tergerak untuk ikut berkontribusi dalam masalah ini dengan membuka open donasi bertajuk #SinergiLawanPandemi. HMTK FT UNS membuka open donasi untuk menyalurkan paket sembako seharga Rp 25.000,- kepada pekerja harian dan masyarakat terdampak Covid-19 di Surakarta.

Donasi terbuka untuk umum dan dipublikasikan melalui media sosial resmi HMTK FT UNS serta dibagikan melalui jarkoman yang disebar di banyak grup chat. Donasi dibuka pada tanggal 5 Mei 2020 dan ditutup pada tanggal 15 Mei 2020. HMTK FT UNS berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 12.571.241,- . Penyaluran donasi terbagi menjadi 2 batch. Penyaluran batch 1 telah dilaksanakan pada tanggal 19-20 Mei 2020 oleh volunteer mahasiswa Teknik Kimia yang berdomisili di Solo dan sekitarnya, dengan koordinator aksi Yudi Eka Fahroni (TK 18). Pada penyaluran batch 1 ini, sudah tersalur 250 paket sembako. Aksi kami disambut antusias oleh warga yang memang benar-benar membutuhkan bantuan.

Proses pembagian sembako
Proses pembagian sembako

Isi sepaket sembako
Isi sepaket sembako

Proses pembagian sembako
Proses pembagian sembako

Sembako yang siap dibagikan
Sembako yang siap dibagikan

Proses pembagian sembako
Proses pembagian sembako

2 komentar:

  1. Best deals on apartments for rent and sale, studio for rent in dubai, used mobiles, computers, electronics, jobs, new and used cars in Dubai and the whole UAE

    BalasHapus