Rabu, 22 Juni 2022

BUTENA EDISI 5 : Persiapan Menyambut Perkuliahan Tatap Muka

Persiapan Menyambut Perkuliahan Tatap Muka

 

Pengaruh pandemi Covid-19 yang dimulai sejak tahun 2020 telah memengaruhi banyak sektor di Indonesia. Bukan hanya sektor ekonomi yang sangat terlihat dari banyaknya perusahaan besar yang terpaksa mengurangi tenaga kerja, tetapi juga pada sektor lain yang sangat krusial seperti sektor pendidikan. Hal ini dapat kita lihat dari peralihan kegiatan belajar mengajar yang semula normal menjadi daring (dalam jaringan) atau online.

Dari hasil evaluasi Dirjen Dikti Kemendikbudristek yang disampaikan Nizam selaku Plt. Direktur Dirjen Dikti Ristek pada acara Fellowship Jurnalisme Pendidikan, Rabu (13/4/2022), bahwa hasil pembelajaran daring tidak sebagus pembelajaran luring jika dilihat dari segi interaksi, kolaborasi, diskusi, dan sosialisasi. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berencana untuk menggerakkan kembali proses kegiatan belajar mengajar terutama bagi mahasiswa secara luring pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Rencana ini ditinjau dari kasus harian Covid-19 yang kian menurun serta sudah mulai terbentuknya herd immunity di masyarakat.

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Jamal Wiwoho sendiri juga telah membocorkan rencana PTM (Perkuliahan Tatap Muka) secara penuh yang akan diselenggarakan di UNS pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 mendatang. Untuk itu, berikut beberapa hal yang bisa kamu persiapkan untuk menyambut perkuliahan tatap muka nantinya:

1.      Penerapan Protokol Kesehatan

Presiden Jokowi dalam keterangan pers, Selasa (17/5/2022), mengizinkan masyarakat untuk tidak mengenakan masker ketika berada di luar ruangan yang tidak padat penduduk. Pemerintah telah melonggarkan aturan mengenakan masker, tetapi dengan beberapa pengecualian seperti bagi lansia ataupun ketika berada di dalam ruangan tertutup. Ketika menjalani perkuliahan tatap muka dan berada di ruang kelas, usahakan selalu mengenakan masker dan menjaga jarak walaupun peraturan dalam menjaga jarak tidak seketat sebelumnya. Persiapkan juga hand sanitizer dan selalu rajin mencuci tangan sebelum atau setelah melakukan aktivitas.

2.      Melakukan Vaksinasi

Salah satu tujuan dari program vaksinasi yang digencarkan oleh pemerintah adalah untuk membentuk herd immunity di masyarakat. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan vaksinasi. Jika memungkinkan bisa dilakukan hingga tahap booster. Vaksin booster kemungkinan akan menjadi syarat untuk melakukan PTM. “Saya rasa sekarang harus booster juga. Prokes harus dipenuhi,” ujar Prof. Jamal saat meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Selasa (17/5/2022).

3.      Surat Izin Orang Tua

Untuk melakukan kegiatan luring seperti perkuliahan tatap muka atau kegiatan lainnya, surat izin orang tua pasti menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Kamu bisa mengonsultasikan hal ini terlebih dulu kepada orang tua untuk meminta izin jauh-jauh hari.

Saat ini memang sudah banyak program studi yang mulai melaksanakan kegiatan perkuliahan semester genap secara hybrid. Ditambah ada kabar bahwa pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) semester genap tahun ajaran 2022/2023 akan dilaksanakan secara luring. Untuk berjaga-jaga, berikut persiapan yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menyambut UAS secara luring:

1.      Persiapkan Mental

Ujian Akhir Semester adalah saat-saat terpenting dan mendebarkan bagi mahasiswa. Terlebih lagi jika UAS akan dilaksanakan secara luring setelah hampir satu semester kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara daring. Oleh karena itu, persiapan mental sangatlah penting untuk menghadapi suasana baru nantinya.

2.      Jaga Kesehatan Fisik

Dalam melaksanakan ujian, tentu kesehatan fisik menjadi hal utama yang harus dipersiapkan. Jaga kesehatan fisik mulai jauh-jauh hari sebelum dilaksanakannya UAS agar ketika waktunya tiba, kamu dapat hadir dan mengikuti dengan keadaan sehat.

3.      Persiapkan Bekal Materi

Penyampaian materi secara daring mungkin kurang efektif bagi sebagian besar mahasiswa. Apalagi jika diminta untuk melaksanakan ujian secara luring, hal tersebut pasti membutuhkan persiapan ekstra dari segi pemahaman materi. Dengan belajar memahami materi lebih dahulu, pasti akan membantu kamu dalam menjalani UAS dengan baik dan lancar nantinya.

Itulah beberapa hal yang dapat dipersiapkan untuk menyambut perkuliahan tatap muka dan UAS secara luring. Dengan adanya informasi tersebut diharapkan dapat membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi suasana baru peralihan kegiatan perkuliahan secara daring ke luring.

 

Sumber :

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6031086/aturan-kuliah-tatap-muka-ta-20222023-dirjen-dikti-semakin-100-persen

https://uns.ac.id/id/uns-update/rektor-uns-beri-bocoran-kuliah-luring-penuh-tahun-ini.html

1 komentar: