Minggu, 15 Mei 2022

[PRESS RELEASE] Sosialisasi Tugas Akhir

 SOSIALISASI TUGAS AKHIR


Pada hari Sabtu, 14 Mei 2022, pukul 08.30 hingga 11.30 WIB berhasil diselenggarakan acara Sosialisasi Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret. Acara terselenggara secara daring melalui Zoom Meeting.  Acara ini dimoderatori oleh Nabila Alifiani Azhar, mahasiswa jurusan Teknik Kimia 2021. 

Rangkaian acara Sosialisasi Tugas Akhir ini diawali dengan pembukaan oleh moderator, sambutan oleh Pembina HMTK (Dr. Sunu Herwi Pranolo, S.T., M.Sc.), pembacaan CV pemateri, dan pemaparan materi.

Pembicara pertama yaitu Inayati, S.T., M.T., Ph.D., selaku Koordinator TA S-1 Teknik Kimia UNS. Beliau memaparkan materi mengenai tugas akhir prarancangan pabrik kimia. Beliau juga memaparkan mengenai lomba prarancangan pabrik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Aceh. Acara dilanjut dengan sesi tanya jawab.

Acara berikutnya penyampaian materi oleh pembicara kedua yaitu Saktika Rofi’ah Haryani, S.T. yang merupakan Alumni Teknik Kimia UNS 2017. Materi ini membahas mengenai strategi yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas akhir, apa yang perlu dilakukan dan tidak dilakukan dalam pengerjaan tugas akhir, serta cara set “Eisenhower’s Matrix”.

Acara kembali dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri ketiga yaitu Reynaldi Virgiawan Rifki Pradana, S.T. sebagai Alumni Teknik Kimia UNS 2017. Dalam penyampaiannya beliau menjelaskan mengenai tahapan dalam mengerjakan tugas akhir, data, dan referensi yang perlu diperhatikan, dan software yang dapat membantu prarancangan pabrik. Setelah penyampaian oleh pembicara ketiga, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sesi dokumentasi, dan penutupan oleh moderator.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Tugas Akhir ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang tugas akhir prarancangan pabrik sebagai sarana untuk berdiskusi dan menyampaikan pertanyaan mengenai tugas akhir tersebut.


1 komentar: