Rabu, 04 September 2019

BUTENA EDISI 6 : Paru-paru Dunia Terancam?


Hutan hujan Amazon di Brasil disebut sebagai paru-paru dari planet bumi karena peran pentingnya menyerap karbon dioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2). Karbon dioksida termasuk gas rumah kaca yang merupakan salah satu penyebab global warming. World Wildlife Fund (WWF) mengatakan, hutan di wilayah Amerika Latin tersebut dapat menyerap antara 90 sampai 140 miliar ton karbon dioksida dan menyuplai 20% oksigen bumi. Hal ini turut membantu keseimbangan ekosistem bumi dan menjaga kestabilan iklim serta cuaca. Selain itu terdapat kurang lebih 3 juta spesies flora dan fauna pada hutan hujan ini.

Sebab Kebakaran Hutan Amazon
 Kebakaran liar bukan hal yang jarang di hutan Amazon, namun peneliti mengungkapkan kegiatan manusia seperti bercocok tanam dan pertambangan adalah penyebab utama dari kebakaran hutan. Hal ini karena para petani seringkali secara sengaja membakar hutan sebagai cara yang cepat untuk membuka lahan. Ditambah iklim panas, tentu api akan menyebar secara tidak terkendali.

#Presiden Brazil Mendapat Kritik?
Kritik serta kecaman publik banyak terarah kepada presiden dan pemerintah Brazil. Mengapa hal ini terjadi? Kritik tersebut muncul dikarenakan Bolsonaro mengeluarkan beberapa peraturan yang seolah-olah mendukung dilakukannya perluasan lahan demi kemajuan ekonomi dan bisnis di daerah-daerah.

Akibat Kebakaran Hutan Amazon
1.  Perubahan iklim global
2.  Karbon monoksida pada atmosfer bumi yang berdampak buruk pada kesehatan
3.  Hilangnya tempat tinggal suku-suku di Amazon
4.  Dieback pada hutan Amazon, yaitu kondisi dimana pohon dan tumbuhan akan mati dikarenakan keadaan lingkungan yang tidak mendukung

Upaya yang Dapat Kita Lakukan
Cara yang bisa kita lakukan untuk membantu hutan hujan Amazon:
1. Membantu berbagai komunitas dalam mengurangi dampak kebakaran hutan amazon dengan  melakukan donasi.
2. Menunjukan kepedulian kita dengan mempromosikan donasi, menandatangani petisi atau menyebarkan edukasi pentingnya menjaga kelestarian hutan.
3. Melakukan langkah kecil menyelamatkan bumi dengan menanam pohon, menghemat energi, melakukan 3R (reduce, reuse, dan recycle) sampah plastik, dll.

Sumber :
- worldwildlife.org
- businessinsider.sg
- liputan6.com

0 comments:

Posting Komentar