LEARNING MENTORING TRAINING DESIGN (LMTD) SOFTWARE FIGMA

   Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret telah melaksanakan Progam Kerja Learning Mentoring Training Design (LMTD) Software FIGMA pada Minggu, 24 November 2024 pada pukul 08.30 s.d. 12.00 WIB di ruang 1313 dan 1314 Gedung 1 Fakultas Teknik. Salah satu Progam Kerja dari Bidang Akademis ini menghadirkan pembicara yang telah expert di bidang software desain FIGMA, yaitu Rif’an Ardiansyah (Mahasiswa Progam Studi S-1 Agribisnis Angkatan 2021). FIGMA adalah salah satu tools berbasis website yang digunakan untuk mendesain produk digital, seperti logo, mock up, mindmap maupun website, serta dapat digunakan untuk membuat prototipe desain perangkat lunak atau software.

          Kegiatan Learning Mentoring Training Design (LMTD) Software FIGMA diawali dengan pembukaan oleh Moderator, Nesya Nazma Anjani (Mahasiswa Progam Studi S-1 Teknik Kimia UNS), menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan tata tertib peserta dan CV pembicara, dan dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu pelatihan Software FIGMA. Materi yang dibawakan oleh pembicara diantaranya cara memperluas ide desain, cara memberikan sebuah solusi kreatif dan penjelasan mengenai tools yang ada di dalam Software FIGMA.

             Pemaparan materi yang pertama yaitu mengenai cara memperluas ide desain. Dalam mendesain diperlukan ide desain dari masing-masing individu. Untuk mendapatkan sebuah ide desain dapat dicari dari referensi seperti Pinterest atau benchmark organisasi lain. Memperluas ide desain juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

1. Scroll sosial media

2. Be a smart customer

3. Judge

  Pemaparan materi yang kedua yaitu cara memberikan sebuah solusi kreatif. Memberikan sebuah solusi kreatif dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

A. Mengetahui project apa yang akan dikerjakan

B. Proses informasi yang akan ditampilkan dalam sebuah project

Proses dari sebuah ide menjadi impact dapat dilakukan, dengan cara:

1.       Empathize

Identifikasi dan eksplor isu apa yang sedang ramai diperbincangkan saat ini dan memahami konteks.

2.       Define

Menentukan kerelevanan isu dengan project yang akan dilakukan.

3.       Ideate

Menentukan cara penyampaian sebuah ide kepada audiens atau pendengar, hal ini dapat berupa media maupun copywriting.

4.       Prototype

Strategi yang akan dipakai untuk megeksekusi sebuah ide. Hasil visual dari sebuah ide dapat berupa desain grafis (Canva, Figma) dan video (CapCut, VN Video Editor). Biasanya sebuah desain terdiri dari headline/title, body/informasi, CTA (Call to Action).

5.       Test

Output akhir dari ide yang berupa evaluasi desain yang telah dibuat.

          Pemaparan materi yang ketiga yaitu penjelasan mengenai tools yang ada di dalam Software FIGMA. Beberapa tools yang terdapat dalam Software FIGMA, diantaranya:

1.       Page

Tool untuk tab yang digunakan dalam mengelompokkan suatu desain.

2.       Layers

Tool untuk mengatur tingkatan aset, semakin bawah layer akan semakin bawah letak elemennya.

3.       Move (Kursor)

Tool untuk memperbesar dan memperkecil desain.

4.       Hand Tool

Tool untuk menggeser tanpa menyentuh desain.

5.       Scale

Tool untuk memperbesar dan memperkecil skala objek atau dapat dilakukan secara manual dengan cara menekan tombol shift bersamaan.

6.       Frame

Tool untuk memulai sebuah desain (feed, stories, dan output desain lain) menyesuaikan lebar dan tinggi dari desain yang dibuat.

7.       Section

Tool untuk mengelompokkan desain yang dibuat.

8.       Shape

Tool untuk membuat bentuk objek agar didapatkan bentuk sempurna, maupun membentuk objek secara bersamaan dengan meneka tombol shift.

9.       Fill

Tool untuk memberi warna dan menambahkan gambar pada objek.

10.    Pen, Text, Typography

Tool untuk memasukkan teks ke dalam desain dan memilih jenis font.

11.    Comment

Tool untuk memberikan komentar langsung pada desain.

12.    Plug in dan Widgets

Tool untuk menambahkan tekstur desain dan membuat mock up.

13.    Union, substract, intersect

Tool untuk menggabungkan dua objek.

14.    Layout

Tool untuk menampilkan seberapa besar pixel desain dan ukuran desain yang akan dibuat.

15.    Appearance

Tool untuk mengatur opasitas/transparasi desain dan mengatur kelengkungan.

16.    Stroke

Tool untuk menambahkan border (inside, center, dan outside) pada desain.

17.    Effect

Tool untuk mengatur shadow (drop shadow dan inner shadow) dan blur (layer blur dan background blur) pada desain.

18.    Export

Tool untuk menyimpan desain dan mengatur kualitas maupun jenis file yang akan disimpan.

             Kegiatan Learning Mentoring Training Design (LMTD) Software FIGMA diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara dan sesi foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Mahasiswa Teknik Kimia dalam meningkatkan kemampuan desainnya.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Postingan Populer

Arsip Blog