Himpunan
Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret telah melaksanakan Progam
Kerja Learning Mentoring Training Design
(LMTD) Software FIGMA pada Minggu, 24
November 2024 pada pukul 08.30 s.d. 12.00 WIB di ruang 1313 dan 1314 Gedung 1
Fakultas Teknik. Salah satu Progam Kerja dari Bidang Akademis ini menghadirkan
pembicara yang telah expert di bidang
software desain FIGMA, yaitu Rif’an Ardiansyah (Mahasiswa Progam Studi S-1
Agribisnis Angkatan 2021). FIGMA adalah salah satu tools berbasis website yang digunakan untuk mendesain produk
digital, seperti logo, mock up, mindmap maupun website, serta dapat digunakan untuk membuat prototipe desain
perangkat lunak atau software.
Kegiatan Learning Mentoring Training Design (LMTD) Software FIGMA diawali dengan pembukaan oleh Moderator, Nesya Nazma
Anjani (Mahasiswa Progam Studi S-1 Teknik Kimia UNS), menyanyikan lagu
Indonesia Raya, pembacaan tata tertib peserta dan CV pembicara, dan dilanjutkan
dengan kegiatan utama yaitu pelatihan Software
FIGMA. Materi yang dibawakan oleh pembicara diantaranya cara memperluas ide
desain, cara memberikan sebuah solusi kreatif dan penjelasan mengenai tools yang ada di dalam Software FIGMA.
Pemaparan materi yang pertama yaitu
mengenai cara memperluas ide desain. Dalam mendesain diperlukan ide desain dari
masing-masing individu. Untuk mendapatkan sebuah ide desain dapat dicari dari
referensi seperti Pinterest atau benchmark organisasi lain. Memperluas
ide desain juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:
1. Scroll sosial media
2. Be a smart customer
3. Judge
Pemaparan
materi yang kedua yaitu cara memberikan sebuah solusi kreatif. Memberikan
sebuah solusi kreatif dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:
A. Mengetahui project apa yang akan dikerjakan
B. Proses informasi yang akan
ditampilkan dalam sebuah project
Proses
dari sebuah ide menjadi impact dapat
dilakukan, dengan cara:
1. Empathize
Identifikasi dan eksplor isu apa
yang sedang ramai diperbincangkan saat ini dan memahami konteks.
2. Define
Menentukan kerelevanan isu dengan project yang akan dilakukan.
3. Ideate
Menentukan cara penyampaian sebuah
ide kepada audiens atau pendengar,
hal ini dapat berupa media maupun copywriting.
4. Prototype
Strategi yang akan dipakai untuk
megeksekusi sebuah ide. Hasil visual dari sebuah ide dapat berupa desain
grafis (Canva, Figma) dan video (CapCut, VN Video Editor). Biasanya sebuah
desain terdiri dari headline/title, body/informasi,
CTA (Call to Action).
5. Test
Output akhir dari ide yang berupa
evaluasi desain yang telah dibuat.
Pemaparan materi yang ketiga yaitu
penjelasan mengenai tools yang ada di
dalam Software FIGMA. Beberapa tools yang terdapat dalam Software FIGMA, diantaranya:
1.
Page
Tool untuk tab yang
digunakan dalam mengelompokkan suatu desain.
2.
Layers
Tool untuk mengatur tingkatan aset, semakin bawah layer akan semakin bawah letak elemennya.
3. Move (Kursor)
Tool untuk memperbesar dan memperkecil desain.
4.
Hand Tool
Tool untuk menggeser tanpa menyentuh desain.
5.
Scale
Tool untuk memperbesar dan memperkecil skala objek atau dapat
dilakukan secara manual dengan cara menekan tombol shift bersamaan.
6.
Frame
Tool untuk memulai sebuah desain (feed,
stories, dan output desain lain)
menyesuaikan lebar dan tinggi dari desain yang dibuat.
7.
Section
Tool untuk mengelompokkan desain yang
dibuat.
8.
Shape
Tool untuk membuat bentuk objek agar didapatkan bentuk sempurna,
maupun membentuk objek secara bersamaan dengan meneka tombol shift.
9.
Fill
Tool untuk memberi warna dan menambahkan gambar pada objek.
10. Pen, Text, Typography
Tool untuk memasukkan teks ke dalam desain dan memilih jenis font.
11. Comment
Tool untuk memberikan komentar langsung pada desain.
12. Plug in dan Widgets
Tool untuk menambahkan tekstur desain dan membuat mock up.
13. Union, substract, intersect
Tool untuk menggabungkan dua objek.
14. Layout
Tool untuk menampilkan seberapa besar pixel desain dan ukuran desain yang akan dibuat.
15. Appearance
Tool untuk mengatur opasitas/transparasi
desain dan mengatur kelengkungan.
16. Stroke
Tool untuk menambahkan border (inside,
center, dan outside) pada desain.
17. Effect
Tool untuk mengatur shadow (drop shadow dan inner shadow) dan blur (layer blur dan background blur) pada desain.
18. Export
Tool untuk menyimpan desain dan mengatur kualitas maupun jenis file
yang akan disimpan.
Kegiatan Learning Mentoring Training Design (LMTD) Software FIGMA diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada
pembicara dan sesi foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi
Mahasiswa Teknik Kimia dalam meningkatkan kemampuan desainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.