Selasa, 25 September 2018

BAKTI SOSIAL HMTK FT UNS 2018




Ibu-ibu yang Berpartisipasi dalam Bakti Sosial
Suasana Bakti Sosial
Foto Bersama


                Pada 25 Agustus 2018 telah diadakan bakti sosial HMTK UNS di Desa Singosari, Boyolali. Bakti sosial adalah bentuk kontribusi sebagai mahasiswa dalam masyarakat. Bakti sosial diadakan berbentuk pelatihan pembuatan suatu produk dari bahan yang banyak didapatkan pada daerah tertentu. Pelatihan pembuatan produk yang diadakan akan menggunakan aplikasi ilmu teknik kimia. Desa Singosari memiliki potensi susu yang besar. Produk yang dapat dihasilkan dari susu adalah keju dan pudding. Salah satu ilmu teknik kimia yang digunakan untuk membuat keju adalah fermentasi.

Proses pembuatan keju

Puding sebagai hasil sampingan selain keju

            Persiapan telah dimulai pada hari sebelumnya pada tanggal 24 Agustus 2018. Sebagian panitia telah datang ke desa dan menyiapkan ruangan balai desa yang akan digunakan untuk bakti sosial. Kemudian Panitia yang menyiapkan balai desa menginap pada salah satu rumah warga. Acara dimulai dengan sambutan ketua panitia bakti sosial, sambutan ketua HMTK UNS, dan sambutan kaprodi teknik kimia. Pertama, warga diberikan materi lewat presentasi yang diisi oleh mahasiswa akhir D3 teknik kimia. Pembicara tersebut adalah Novi Ika Pramesti dan Nurlena Retno Utami. Selanjutnya warga dibagi menjadi 3 kelompok dan diarahkan untuk praktik secara langsung dengan bimbingan mahasiswa.

Penyerahan Kenang-kenangan
Penyerahan Sertifikat
            Ilmu yang diberikan pada para warga diharapkan memberikan wawasan pada warga. Warga akan sadar potensi susu yang belum diketahui mereka. Produk keju dan puding memiliki harga jual lebih tinggi dari bahannya.
           
           

0 comments:

Posting Komentar