Minggu, 29 Oktober 2017

ECODAYS, WADAH INOVASI PEMUDA INDONESIA

ECODAYS 2017 

Pada tanggal 20 Oktober  2017 sampai dengan 22 Oktober 2017, HMTK bekerja sama dengan KADIKA, serta beberapa institusi yang mendukung, tepat di Universitas Sebelah Maret dilangsungkan acara tahunan dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, “ECODAYS”. Pada tahun 2017 Ecodays mengusung tema “ECO-Idea, Innovation, Creativity for Better DAYS”. Tahun 2017 Ecodays melaksanakan 3 lomba utama, yaitu Rancang Produk Inovasi (RPI) yang diperuntukkan bagi pelajar SMA sederajat se-Indonesia, Product Design Competition for Chemical Engineering Student (DECHETS) yang dibuka untuk mahasiswa se-Indonesia khususnya mahasiswa teknik kimia, serta Ecodays Poster Infographics Competition (EPIC) yang dibuka untuk umum se-Indonesia. Selain lomba juga diadakan Seminar Nasional dengan tema “Eco- Idea Upcycling and Waste Management with Innovation System Technology for Better Days”.
Presentasi DECHETS

Presentasi RPI
 RPI dan DECHETS ECODAYS 2017 terdiri dari tiga tahap yaitu Pengumpulan Abstrak, Pengumpulan Full Paper, dan Grand Final. Kegiatan ini dimulai dari pengumpulan abstrak yang diikuti mahasiswa Teknik Kimia dari berbagai universitas serta siswa sma sederajat di Indonesia, kemudian disaring menjadi 30 besar untuk Dechets dan 25 besar untuk RPI. Pengumuman lolos abstrak dilakukan pada tanggal 31 Juli  2017 untuk Dechets dan 15 Juli 2017 untuk RPI. Kemudian peserta yang lolos mengirimkan full paper sampai tanggal 16 September 2017. Pengumuman lolos full paper dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2017. Pendaftaran lomba yang sudah dibuka sejak Maret 2017 hingga bulan September 2017 yang hanya menyisakan 6 besar peserta Dechets (UGM (3 tim), UNDIP, ITK, dan ITENAS Bandung) dengan karya terbaik mereka dan, 10 besar peserta Rancang Produk Inovasi terbaik (MAN 2 Model Medan, SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang, SMA Al Firdaus Sukoharjo, SMK Negeri 1 Mojosongo, SMA Negeri 1 Blora , SMA Negeri 1 Sampang, MAN Babat, SMA Negeri 1 Porong, SMA MTA Surakarta) serta 4 besar poster yang sudah diseleksi secara ketat. Dan tibalah kita di puncak acara Ecodays 2017 yang pastinya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
            Pada tanggal 21 Oktober 2017 diadakan presentasi dari peserta Dechets di Student Center Universitas Sebelas Maret serta presentasi dari peserta Rancang Produk Inovasi di Ruang Sidang 2 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret serta, banyak ide-ide dan inovasi baru yang disuguhkan oleh peserta, inovasi-inovasi yang mampu mendukung kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi dan untuk Indonesia yang lebih maju lagi tentunya. Disinilah para kaum muda menuangkan ekspresi dari pemikiran-pemikiran mereka untuk Indonesia. Tidak hanya presentasi, pesertapun menunjukkan prototype dari ide-ide mereka, sehingga ide-ide tersebut dapat dilihat oleh masyarakat dan dapat diwujudkan menjadi suatu inovasi yang nyata.

Penampilan hiburan dari Mahasiwa Teknik Kimia
 Malam harinya, yaitu puncak dari acara Ecodays 2017 dimeriahkan dengan penampilan hiburan dari Mahasiswa Teknik Kimia UNS berbagai angkatan, serta kelompok musik keroncong pun ikut memeriahkan Gala Dinner Ecodays 2017. Gala Dinner ditutup dengan flashmob mahasiswa teknik kimia UNS beserta peserta dan tamu undangan.
Seminar Nasional Ecodays 2017

            Minggu, 22 Oktober 2017 terlaksana Seminar Nasional Ecodays 2017 dengan tiga pembicara yaitu Dr. Ir. Agus Subekti, M.Si (Senior Vice President SDM PT Pupuk Indonesia) dengan materi Pengelolaan Lingkungan Hidup, Jaya Lingga, A.Md (Owner PT Abisatya Kencana Mulia) dengan materi Pengolahan Sampah dan Turmudi (Kepala Departemen Perizinan Divisi Formalitas SKK MIGAS) dengan materi Peran Industri Hulu Migas dalam Pengelolaan Limbah serta dipimpin oleh moderator yaitu Ir. Paryanto, M.S. (Dosen Teknik Kimia UNS). Materi yang dibawakan sangat menarik dan terlihat antusias dari peserta dalam mengajukan pertanyaan. Di akhir seminar juga diadakan pengumuman pemenang lomba Ecodays 2017 sebagai berikut :  Pemenang Dechets juara 1 yaitu Marizka Aviana Permatasari (UGM), juara 2  diperoleh Aditya Widiadi (UNDIP), dan juara 3  diperoleh Yusrizal Azmi Hafifhuddin (UGM) serta juara Favorit diperoleh Imat Nur Alim (ITENAS Bandung), Pemenang RPI Juara 1 diperoleh SMA N 1 Porong, Juara 2  SMK 1 Mojosongo, Juara 3 : SMA N 1 Sampang dan SMA MTA Surakarta sebagai juara favorit. Sedangkan lomba EPIC dimenangkan oleh Farah Andri Nabila Rizki sebagai juara 1, Baabas Saamasi sebagai juara 2, dan Muthia Deliana sebagai juara 3 serta Afifa Naila Nabila sebagai juara favorit.

0 comments:

Posting Komentar