Kamis, 08 Desember 2016

KATALISATOR 2016


Beberapa waktu yang lalu, Teknik Kimia UNS menggelar salah satu acara besar yang didalamnya melibatkan semua angkatan dari 2012 hingga 2016 yaitu katalisator. Katalisator sendiri adalah acara yang merupakan salah satu progam kerja HMTK bidang Kaderisasi. Acara tersebut terbilang besar karena melibatkan beberapa angkatan dan merupakan acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.
            Dalam acara tersebut. Mahasiswa Teknik Kimia UNS berkumpul dalam satu acara yang berlangung hingga tiga hari dan bertempat di kawasan kaki gunung Lawu, Tawangmangu, Jawa Tengah. Acara tersebut tujuan utamanya adalah pengakraban antara mahasiswa baru; dalam hal ini angkatan 2016 dan seluruh keluarga besar mahasiswa S1 Teknik Kimia UNS. Diluar itu, acaranya di khususkan pada  angkatan 2016 sebagai ‘adik’ terbungsu keluarga Teknik Kimia UNS.
            Katalisator berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 November 2016. Rangkaian acaranya dimulai saat seluruh peserta dan panitia berkumpul di halaman depan gedung I FT UNS untuk menunggu bis dan berangkat menuju lokasi katalisator. Setelah menunggu beberapa saat, tibalah bis yang akan mengantar peserta dan panitia ke Tawangmangu. Acara dimulai tidak lama setelah peserta dan panitia sampai ke lokasi acara digelar. Persiapan pun dilakukan, semua panitia dan peserta saling bantu mempersiapkan tempat. Setelah itu, acara dibuka dan untuk menambah keseruan acara, panitia sengaja memulai dengan memberikan game-game ringan untuk mengisi waktu dan memulai pengakraban pada angkatan 2016. Setelah itu masuk waktu ISHOMA atau waktu istirahat.
            Pada malam pertama diisi dengan saresehan atau sharing-sharing antar alumni dan antar angkatan. Beberapa alumni Teknik Kimia UNS turut hadir dan membagikan pengalaman serta tips-tipsnya. Lalu ada perwakilan dosen yang ikut mendampingi dan berbagi cerita dalam forum tersebut, yaitu Bapak Sunu Pranolo. Beliau berbagi cerita dan pandangannya tentang mahasiswa, dan di akhir forum ada presentasi maket buatan angkatan 2016 di depan Pak Sunu dan semua yang hadir.
            Hari kedua, kegiatan katalisator diisi dengan out bond yang diikuti oleh angkatan 2016 yang dibimbing oleh panitia dari HMTK, kegiatan tersebut sangat menyenangkan karena bermain dengan air, tepung, serta lumpur. Dalam acara ini terdapat 5 pos yang masing masing harus kita lewati, di masing masing pos kita melakukan permainan yang berbeda beda, tentunya dalam kegiatan tersebut terdapat nilai-nilai yang berharga. Saat itu, out bond dilakukan diatas bukit daerah tawangmangu, serta cuacanya yang sehabis hujan, membuat beberapa angkatan 2016 menggigil kedinginan, dan beberapa diantaranya sampai lebih dahulu pulang ke penginapan.namun begitu, acara tetap dilanjutkan dengan satu game besar dan berfoto bersama keluarga besar Teknik Kimia UNS. Setelah kegiatan out bond selesai, semuanya kembali menuju penginapan dan istirahat. Pada sore harinya, kegiatan diteruskan dengan pengenalan KADIKA atau Keluarga D3 Teknik Kimia UNS. Dimalam harinya terdapat kegiatan pensi yang diisi dengan berbagai penampilan dari masing-masing angkatan.
            Di hari ketiga atau hari terakhir, angkatan 2016 dibangunkan jam 4 dini hari, ditengah udara yang masih dingin menggerogoti tulang dan guyuran hujan yang pula tidak menjadi rintangan, mereka bangun dan langung bersiap untuk menghadiri acara yang angkatan 2016 tunggu-tunggu, yaitu upacara pengukuhan angkatan 2016. Upacara tersebut berlangsung khidmat, ditandai dengan acara tersebut, seluruh angkatan 2016 dikukuhkan dan diakui secara resmi menjadi mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret angkatan 2016 pada tanggal 13 bulan November tahun 2016 pukul 04.30. Dihari itu pula terdapat pemilihan ketua panitia ECODAYS 2017, yaitu M. Vitrawan Dika sebagai kandidat terpilih yang akan menjadi ketua ECODAYS 2017.

            Demikian perjalanan keluarga besar Teknik Kimia UNS selama 3 hari Katalisator, puncak dari acara tersebut telah terlewati, angkatan 2016 telah resmi menjadi mahasiswa baru Teknik Kimia UNS, semua suka, duka, dan cita mengiringi perjalanan mereka untuk hari ini, esok dan selamanya menjadi bagian dari Keluarga Besar Teknik Kimia UNS. SELAMAT DATANG!

0 comments:

Posting Komentar