Rabu, 13 Januari 2016

Apa yang Baru di 2016?

       Adakah hal baru dalam hidupmu di tahun 2016 ini? Atau adakah sesuatu yang baru dari dirimu di tahun 2016 ini? Mungkinkah ada teman baru, lingkungan baru, style baru, pacar baru atau gebetan baru? Aih, semuanya aja baru... Tapi bukan hal  baru seperti itu yang kami bahas pada artikel ini. Namun sebelumn ya, akan kami jawab pertanyaan kenapa artikel ini membahas yang baru-baru terlebih dahulu. Yak! Artikel ini membahas yang serba baru karena saat ini masih dalam suasana tahun baru dan kita ketahui bahwa sudah rahasia umum tahun baru identik dengan sesuatu yang baru, dari hal kecil hingga hal besar. Nah, pada artikel ini kami akan membahas tentang apa saja yang baru di HMTK FT UNS di tahun 2016 ini.

Susana Musyawarah Besar HMTK XVIII
      Bagi kalian yang bertahun baru di Solo dan mengikuti rangkaian acara Musyawarah Besar HMTK FT UNS yang ke-18 (Mubes XVIII) dari awal hingga akhir, pasti sudah tahu apa saja yang baru di HMTK FT UNS. Di tahun 2016 ini,relatif banyak pembaruan dari tahun sebelumnya. Bagi kalian yang tidak sempat hadir di Mubes XVIII, jangan khawatir, akan kami beritahukan semuanya di sini.
Tidak seperti Mubes XVII, pada Mubes XVIII ada banyak hal baru. Penasaran, kah? Oke! Di bawah ini akan kami ulas satu persatu. Baca dengan seksama, yak!


1.    Mubes XVIII
Mubes XVIII dilaksanakan pada hari Sabtu-Ahad, 2-3 Januari 2016 di Ruang Sidang Utama (RSU) gedung III lantai 2 FT UNS dan pada hari Senin, 4 Januari 2016 di Ruang 305 gedung I lantai 3 FT UNS. Seperti pada Mubes sebelumnya, Mubes XVIII diawali dengan pembahasan beberapa tata tertib yang digunakan dalam persidangan dan diikuti dengan pemilihan Pimpinan Sidang serta Pelantikan Anggota Baru HMTK FT UNS. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan penilaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kepengurusan HMTK FT UNS Periode 2015 dihadapan seluruh anggota HMTK FT UNS dan beberapa tamu undangan.
Pembacaan LPJ oleh Ketua Umum HMTK Periode 2015
Pembacaan LPJ, yang diwakilkan oleh Ketua umum HMTK FT UNS Periode 2015, dilaksanakan 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Ahad. Setelah pembacaan LPJ selesai, dilakukan penilaian LPJ oleh peserta sidang dan diperoleh hasil bahwa LPJ diterima dengan syarat. Setelah dilakukan pendemisioneran pengurus, acara dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART dan GGO-PPPK. Mubes XVIII berakhir pada hari Senin dengan agenda pembahasan atribut organisasi, pemilihan Ketua Umum HMTK FT UNS, dan pembentukan Tim Formatur.

2.    Atribut Organisasi
Untuk mempersatukan anggota HMTK FT UNS dari setiap angkatan, diperlukan adanya sebuah ciri khas yang menandakan identitas HMTK FT UNS. Ciri khas tersebut berupa atribut organisasi yang meliputi logo, bendera, cap/ stempel, jaket himpunan, dan kartu anggota. Atribut organisasi tersebut ada yang sudah teralisasi dan ada yang baru saja disepakati pada Mubes XVIII kemarin. Namun, untuk melegalkan keberadaannya, diperlukan landasan yang memuat ketentuan atribut organisasi tersebut. Oleh sebab itu, disusunlah bab dan pasal baru dalam AD/ART yang menjelaskan tentang atribut organisasi. Penambahan atribut organisasi dalam AD/ART dimaksudkan agar HMTK FT UNS mempunyai ciri khas yang sah dan tertulis dalam AD/ART.

3.    Ketua Umum HMTK FT UNS Periode 2016
Pemilihan Ketua Umum HMTK FT UNS Periode 2016 sebenarnya diagendakan pada hari kedua Mubes XVIII, yaitu Ahad, 3 Januari 2016. Namun karena waktu tidak memungkinkan dan masih ada beberapa hal yang harus dibahas lebih lanjut, maka Mubes XVIII ditunda dan dilanjutkan pada keesokan harinya pada hari Senin, 4 Januari 2016. Di ruang 305 Gedung I lantai 3 FT UNS, sekitar pukul 14.00 – 16.00 WIB dilakukan musyawarah untuk menentukan pemimpin HMTK FT UNS periode selanjutnya.
Foto Ketua Umum HMTK periode 2015 (kiri) dan
Ketua Umum Terpilih 2016 (kanan)
Dari kesepuluh calon awal, dieliminasi hingga menjadi 5 calon ketua Umum HMTK FT UNS, yaitu Abdurrachman Muizuddin, Faiz Mubarok, Muh. Tasmiul Khoir, Fadilla Nuavan, dan Muhammad Fardan Ibnu Aji. Hingga akhirnya musyawarah mufakat pemilihan Ketua Umum HMTK FT UNS ini ditutup dengan sambutan dari Ketua Umum terpilih, Muhammad Fardan Ibnu Aji.

4.    Tim Formatur
Dalam Mubes XVIII, ada satu panitia kecil yang dibuat dan disahkan dalam AD/ART. Panitia kecil tersebut dinamakan Tim Formatur yang bertugas menyusun Pengurus HMTK FT UNS periode yang baru. Tim Formatur jumlahnya ada sembilan orang yang terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Koordinator Bidang Kaderisasi HMTK FT UNS periode sebelumnya serta Ketua Umum HMTK FT UNS periode yang baru ditemani oleh lima orang terpilih dari musyawarah peserta Mubes. Pada penyusunan Pengurus HMTK FT UNS Periode 2016 ini, sembilan orang yang dipercaya sebagai Tim Formatur adalah Yusup Maulana Saptedi, Shafira Yaumil A., Achmad Murtadho, Muhammad fardan Ibnu Aji, Karina Ardiani, Aditya Utama, Rita Indah Rahwamati, Fera Setiawati, dan Faiz Mubarok.

5.    Pengurus HMTK FT UNS Periode 2016
Hal baru yang pasti baru pada awal tahun 2016 ini yaitu adanya susunan Pengurus HMTK FT UNS Periode 2016. Pengurus HMTK FT UNS Periode 2016 ini dibentuk melalui dua tahap, yaitu 1) untuk anggota yang pernah menjabat menjadi pengurus, diplot melalui musyawarah tim formatur dan 2) untuk anggota yang belum pernah menjabat menjadi pengurus, melalui seleksi dan  musyawarah tim formatur dibantu dengan  Pengurus HMTK Periode 2015. Dari musyawarah Tim Formatur diperoleh setengah dari jumlah Pengurs HMTK FT UNS Periode 2016 yang berasal dari Pengurus HMTK FT UNS Periode 2015, diantaranya yaitu Rita Indah Rahwamati (Sekretaris Umum), Fera Setiawati (Bendahara Umum), Siti Annida (Korbid Akademis), Karina Diah Rosa (Korbid Kewirausahaan), Abdurrahman M. (Korbid hubungan Masyarakat), Faiz Mubarok (Korbid Kaderisasi), Esa Nur Shohih (Korbid Data dan Informasi), dan Edwin Budi S. (korbid Pengembangan Minat dan Bakat). Kemudian jumlah setengahnya dilengkapi dengan pengurus baru yang diperoleh dengan tahap seleksi. Beminat ikut berproses dalam Pengurus HMTK FT UNS Periode 2016? Yuk, ikuti tahap pertama seleksi dengan mendaftar melalui link di bawah dan dilanjutkan dengan wawancara pada tanggal 26 januari 2016!  (ens)

goo.gl/forms/ctcTIatb2I

0 comments:

Posting Komentar