Kamis, 03 Desember 2015

Seputar Teknik Kimia UNS

 https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSVcook5o0IIB3mpi36LhCHciegtNL8ieCmpL__8fXYqXsib72d
Apa sih teknik kimia itu?
Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia modern juga melakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan material-material dan teknik-teknik baru, yang kadang-kadang juga berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu lainnya, seperti nanoteknologi, sel bahan bakar, dan teknik biomedis.  Pada teknik kimia, ada 2 subgrup besar yang diantaranya: 1) mendesain, membangun, dan mengoperasikan pembangkit/pabrik dan proses-proses kimia di dalamnya dan 2) mengembangkan substansi baru atau pengembangan dari substansi sebelumnya pada berbagai produk yang rentangnya mulai dari makanan dan minuman sampai kosmetik, pembersih, dan obat-obatan.

Susah nggak menempuh jalur pendidikan S1/D3 di Teknik Kimia UNS?
Teknik Kimia UNS memberikan suasana kondusif bagi mahasiswa untuk fokus dalam melakukan aktivitas di kampus baik dari segi akademis, ataupun non akademis. Dari segi akademis, disini kita semuadisediakan berbagai fasilitas yang mendukung untuk belajar, dan hubungan yang baik dengan alumni ataupun kakak tingkat, selain itu juga kita diberikan berbagai info seputar perkuliahan yang tentunya akan membantu sekali dalam menjalani perkuliahan. jadi kalau ditanya susah atau nggak yaa.. gampang-gampang susah. Semua jurusan ya pasti ada susah dan mudahnya, tergantung kitanya yang mau berusaha atau tidak.

Apa aja sih kegiatan di Teknik Kimia UNS selain akademis?
Tentu kami memiliki berbagai aktivitas yang menarik, seperti event-event yang diselenggarakn dari organisasi-organisasi mahasiswa dari universitas, fakultas, sampai jurusan seperti HMTK. Misalnya ada pentas seni dan pentas musik seperti penambilang band-band mahasiswa atau kadang juga mengundang tamu dari luar, event-event olahraga seperti futsal, basket, voli, dll. Atau yang berbau karya tulis ilmiah pun sering diadakan, seperti lomba essay maupun debat juga sering diadakan. Tidak hanya itu saja,berbagai seminar dan pelatihan-pelatihan bermanfaat akan menunggu kalian di fakultas Teknik Kimia.

Bagaimana prospek kerja dari lulusan teknik kimia?
Kalau dari prospek kerja di bidang teknik kimia tentu luas sekali.. dari bekerja di pabrik sampai wiraswasta pun bisa. karena disini kita tidak hanya diajarkan untuk bekerja di pabrik, tetapi juga diajarkan untuk berwirausaha supaya tercipta lapangan kerja baru. Jaman sekarang dibutuhkan lulusan insinyur-insinyur teknik terutama teknik kimia dari berbagai tempat, terutama di pabrik petrokimia, food enginnering, tekstil, atau sebagai konsuler di berbagai badan pemerintah. Jadi tidak usah khawatir karena lapangan kerja untuk teknik kimia masih terbuka lebar.

next question just comment.. and we will update another stories in here...
^^
Check out our more in formation and activities in :
Teknik Kimia UNS
HMTK UNS
Ecodays

 

2 komentar: